Pentingnya Meningkatkan Budaya Literasi

Pentingnya Meningkatkan Budaya Literasi

Pada tahun 2019, Program for International Student Assessment (PISA) menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke 62 dari 70 negara terhadap tingkat budaya literasi. Peringkat literasi ini cukup mencemaskan karena memperlihatkan seberapa rendahnya minat baca dan tulis yang ada di Indonesia.

Literasi sendiri bukan hanya tentang membaca dan menulis, tetapi juga tentang membuka pintu dunia yang lebih luas. Dengan literasi yang tinggi, seseorang dapat berpikir lebih kritis, kreatif dan inovatif. Tidak hanya itu, literasi juga dapat membangun keterampilan dan mempertajam ilmu-ilmu yang dimiliki oleh seseorang.

Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan literasi?

Jawabannya mudah, yakni dengan membiasakan untuk meluangkan waktu 10 – 15 menit setiap hari untuk membaca. Lama-kelamaan momen ini akan menjadi sebuah kebiasaan yang tidak dapat dipisahkan dari rutinitas harian. Mulailah dengan membaca buku-buku interaktif yang dapat menarik minat lebih dalam membaca.

Memulai kebiasaan baru mungkin tidak mudah, tetapi justru harus dimulai dari sekarang. Jadi, mulailah hari ini, buka buku, dan mulailah petualangan literasimu!

 

 

Ikuti social media genza education untuk mendapatkan informasi terkini kami!